Forum Studi Islam Fosi Fkip Univ. Bengkulu Slideshow: UKM’s trip was created by TripAdvisor. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.

Rabu, 03 Februari 2010

LAUNCHING SQT

           Sabtu, 5 September 2009, bertempat di masjid Darul Ulum Universitas Bengkulu. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Kerohanian UNIB bekerja sama dengan bidang SQT LDF (Lembaga Dakwah Kampus) mengadakan acara Launching SQT (Studi Qur’an Terpadu) untuk tahun 2009. Sasaran dari acara ini adalah seluruh mahasiswa baru UNIB yang muslim, baik dari jalur penerimaan PPA, PBM, SPMU, maupun SNMPTN. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan SQT (Studi Qur’an Terpadu) sebagai suatu program yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang beragama Islam se-Universitas Bengkulu. Follow up dari acara launching SQT ini adalah kegiatan terpadu berupa mentoring selama satu semester kedepan dengan intensitas pertemuan 1 kali seminggu. Agar kegiatan ini lebih efisien, panitia SQT  membagi mahasiswa baru ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 10 sampai 12 orang dengan pementor berjumlah 1 atau 2 orang. Adapun pementor yang akan memimpin mentoring tersebut sebelumnya telah mengikuti serangkaian tes selama satu hari. Kelangsungan kegiatan ini juga akan diawasi oleh dosen mata kuliah Agama Islam baik secara langsung maupun tidak langsung, karena hasil dari mentoring selama satu semester akan dilaporkan ke dosen mata kuliah Agama Islam masing-masing sebagai bahan pertimbangan untuk penilaian akhir.
            Acara ini berlangsung setengah hari, mengingat pelaksanaannya pada bulan Ramadhan. Namun, hal tersebut tidak menjadi kendala untuk mencapai tujuan launching SQT ini. Penyampaian tabligh tentang Al qur’an oleh bapak Sulaiman menjadi start awal yang disabut baik oleh peserta. Dibuka secara resmi oleh rektor UNIB, Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D, terlihat antusiasme lebih dari 75% dari total hampir 1000 mahasiswa baru muslim dalam mengikuti serangkaian acara tersebut.
            John Hendri, mahasiswa fakultas Hukum yang menjadi ketua pelaksana acara Launching SQT ini berharap untuk ke depannya agar kegiatan ini bisa berjalan lebih baik lagi, terutama pada kegiatan mentoringnya. Dan yang paling penting adalah bagaimana mahasiswa tersebut dapat membaca dan memahami arti pentingnya Al qur’an bagi kehidupan di dunia dan di akhirat

1 komentar:

  1. mari diusahakan agar pememntor SQT diberi Honor agar kita tidak kesulitan menghimpun informasi dari pementor,,,bukannya untuk menghilangkan keikhlasan tapi untuk menambah ghiroh...miskin komentar blog kita ini,,,perlu sosoialisasi yang giat lagi,,sekali lagi hidup syi`ar!!! untuk ke depannya mungkin yel-yel nya harus dirubah nech..

    BalasHapus